Minggu, 25 Desember 2011

manusia setengah salmon

well seenernya sih gue banyak ide yang mau ditulis buat jadi postingan,
tapi enggak tau kenapa tangan gue nuntun gue buat ngetik review manusia setengah salmon nya raditya dika,

raditya dika itu siapa sih?
mungkin nama tersebut emang kurang terkenal sih di kalangan tukang bajaj sama tukang kembang tahu di daerah glodok

tapi buat sebagian abege yang doyang poto dengan pose tangan didepan bibir ini sosok radit emang udah cukup terkenal,apalagi di dunia pergalauan

well kenapa gue pengen review buku ini?

sebenernya karena gue emang udah jadi pembaca setia dia dari dulu,
dari pas jaman kambing jantan dan masih punya domain di kambingjantandotcom
jujur dia salah satu orang buat gue dan ratusan bahkan jutaaan orang yang nge gerakin diri buat nge blog,

nah kebetulan beberapa saat lalu gue lagi main ke blog dia,dan disitu ada postingan dia tentang buku barunya, pas gue liat judulnya itu manusia setengah salmon, yap SALMON, emang sosok radit dalam ngasih judul bukunya itu ga bakalan jauh jauh dari nama binatang,dan semoga aja ketika dia sudah mempunyai anak kelak,tidak melakukan hal seperti ini ke anak anaknya,

well setelah postingan itu, gue sempet kopdar sama alit susanto, alias @shitlicious di pim, gue pun cerita panjang lebar sama dia sampe suatu moment gue ngomongin buku baru si radith,dan kata alit, di buku ini tuh dia bener bener transformasi, dan bener bener beda dari buku sebelumnya.

well gue pun semakin tertarik sama isi buku ini,setiap postingan blog dika yang baru gue ikutin dan gue sempet mikir "well semenarik apakah buku ini?apakah kehidupan dia sekarang masih menarik?secara dia kan udah jadi public figure dan ga bisa ngelakuin hal absurd lagi misal kayang di depan istana negara,terus apa yang mau ditulis?"


sampe gue dapet moment dimana ada pre order buku tersebut dan gue pun mesen buku ini,dengan penuh ekspektasi tentunya.dan akhirnya kemaren siang benda tersebut sampe ke tangan gue dengan selamat sebelom dibakar bokap gue,dan gue sempet mikir semoga buku ini kelak ga jadi buat bungkus gorengan atau bungkus cabe kaya soal soal Ujian Nasional, hehe

buat yang pengen tau pemampakan manusia setengah salmon,ini dia 
efek epilepsi setelah membaca buku tersebut


dan setelah buku tersebut sampe ketangan gue,gue pun secara birahi membaca buku tersebut dengan seksama dan dalam tempo sesingkat singkatnya dengan birama 4/4

oke teryata bener dugaan gue,radit pun ngaku kalo dia pun merasa banyak perubahan di diri dia,dan buku nya, misal edgar adeknya yang jadi bahan lelucon dia di buku sebelum nya sekarang udah beranjak dewasa, dan banyak hal lain yang berubah, kenapa dia juga make nama salmon? karena salmon itu adalah hewan yang setahun sekali berpindah,

berpindah? ya itu emang tema tulisan dia di buku ini,banyak yang berpindah di diri dia, mulai dari rumah,percintaan dia, bahkan perpindahaan pola pikir pembaca dia dari yang dulu smp sekarang udah jadi anak kuliahan seperti gue,

radith sadar dia harus ngelakuin perubahan dalam kehidupan dia,
kaya quotes nya dia di bab "sepotong hari di dalam kardus cokelat"
 jujur di buku ini gue ngerasa dia lebih dewasa, dia bisa bikin anaogi antara satu hal dengan hal lain yang bisa bikin kita ketawa sejenak terus merenung tentang maksud tulisan dia,

"dan ketika sesuatu sudah mulai sempit dan tidak nyaman,saat itulah seseorang harus pindah ke tempat yang lebih luas dan (dirasa)cocok untuk dirinya"

itu adalah salah satu kalimat di bab tersebut yang menurut gue nge gambarin perubahan di penulis yang satu ini,

 tapi tenang aja
ga semua isi di buku ini berat berat kok

ada banyak banget kok bab menarik mulai dari kejadian nyata dia
contoh di bab "bakar saja keteknya" yang menurut gue bab terlucu do buku ini,kalo dulu ada mbip di radikus makankakus - "ketika kau menebeng" sekarang ada SUGIMAN
atau bab "lebih baik sakit hati" yang nyeritain alergi nya dia sama dokter gigi dimasa kecil sampe kejadian lucu dia berkaitan sama yang namanya dokter gigi.
terus juga ada bab bab penggalauan masal dia saat interaksi ataupun kutipan dia di twitter,

sampe ada cerita fiksi kaya bab "JOMBLONOLOGY" yang bisa bikin perut mules mules ngebaca ataupun mandi di bawah dispenser buat yang ngerasa kesindir

tapi tetep gue paling seneng dalam buku ini,
bab bab yang nyeritain hal hal analogi yang bikin kita ketawa terus berfikir kaya "kasih ibu sepanjang belanda" atau "ledakan paling merdu" dimana kita bakalab berfikir bahwa kita bakalan ngerasa penting ketika sesuatu itu jauh atau bahkan udah ga ada,tapi pastinya dibalut sama humor segar nya dia


well sekian review buku ini, dan selamat membaca buat yang udah punya. atau buat yang pengen beli cukup nyiapin 42 rebu perak buat nebus buku ini di POTOKOPIAN, (gramedia) terdekat,sebelum bukunya habis dibakar massa pastinya


dan tetep kita harus berubah suka atau ga suka karena kita itu diciptakan emang untuk sebuah perubahan seperti manusia setengah salmon ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar